Apakah akupunktur itu?

Akupunktur1Istilah akupunktur berasal dari bahasa Latin acus = jarum dan punctura = menusuk. Jadi istilah akupunktur merujuk pada praktek pengobatan yang menggunakan jarum yang ditusuk-tusukkan ke tubuh seorang pasien. Oleh karena itulah di Indonesia akupunktur kadang-kadang lebih dikenal dengan istilah tusuk-jarum. Istilah asli untuk akupunktur dalam bahasa Cina nya adalah Chen-Chiu.

lmu akupunktur aslinya berasal dari daratan Cina dan sudah dipraktekkan di Cina selama ribuan tahun lamanya. In healing areas, it is known as one form of Traditional Chinese Medicine (TCM) disamping pengobatan lainnya yang menggunakan ramuan atau energy healing berupa Qi Gong atau pun Tai Chi. Ilmu medis Barat yang menitikberatkan pada eksistensi fisik dan struktural belum bisa dengan sepenuhnya menerima akupunktur yang didasarkan pada teori energi ini. Di lain pihak, kemanjuran akupunktur dalam mengobati beberapa penyakit yang tidak terobati oleh medis Barat pun tak dapat disangkal lagi.

Berbagai teori akhirnya dikembangkan oleh para ahli medis Barat untuk menterjemahkan ajaran kuno dari tradisi Cina tersebut ke dalam bahasa medis Barat yang modern. Salah satu hasilnya adalah yang dikenal dengan akupunktur medis, dimana teori dan efek pengobatan akupunktur dikembangkan dari teori anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai dengan pandangan Barat.
Jadi pada saat ini, meskipun sama-sama terlihat menggunakan jarum yang serupa, terdapat dua praktek pengobatan akupunktur yang sangat berbeda, yaitu akupunktur medis yang baru dikembangkan beberapa tahun belakangan ini berdasarkan ilmu medis Barat, dan akupunktur TCM yang dikembangkan dari tradisi pengobatan Cina dan sudah dipraktekkan ribuan tahun lamanya.

Biasanya, praktisi akupunktur medis adalah para dokter yang mengambil spesialisasi S-2 di keahlian akupunktur, sedangkan praktisi akupunktur TCM (atau untuk singkatnya disebut akupunktur saja) sangat beragam. Namun demikian, tidak otomatis berarti bahwa seorang dokter yang melakukan praktek akupunktur masuk ke dalam kategori akupunktur medis, karena pada saat ini banyak juga dokter yang mempelajari dan kemudian mempraktekkan akupunktur TCM.
Note: dalam tulisan-tulisan saya berikutnya, kecuali jika disebutkan secara khusus, maka yang dimaksud dengan akupunktur adalah akupunktur TCM.

%d bloggers like this: