Akupunktur. Terapi atau pengobatan?

Akupunktur3

Dari kamus Collins COBUILD, saya dapatkan definisi untuk terapi (therapy) dan pengobatan (medication) sebagai berikut:

– Therapy is the treatment of someone with mental or physical illness without the use of drugs or operation.

Medication is medicine that is used to treat and cure illness.

Medicine is the treatment of illness and injuries by doctors and nurses. (1)

Medicine is a substance that you drink or swallow in order to cure an illness (2).

Berdasarkan definisi di atas, nampaknya kriteria utama yang membedakan terapi dan pengobatan adalah pelaku dan ada-tidaknya penggunaan obat dalam upaya penyembuhan suatu penyakit. Dalam hal ini:

– Terapi: tidak dilakukan oleh seorang dokter/perawat, tidak menggunakan obat/operasi

– Pengobatan: dilakukan oleh seorang dokter/perawat, menggunakan obat/operasi

Mungkin itulah penyebab utama kenapa akupunktur seringkali dipersepsikan sebagai suatu bentuk terapi, meskipun akupunktur sebenarnya merupakan bagian dari “Traditional Chinese Medicine” yang kalau kita terjemahkan secara bebas maka menjadi “pengobatan tradisional Cina”. Nah lo?

Jadi mana yang bener nih? Terapi atau pengobatan? Well, masing-masing orang akan punya pendapat tersendiri akan hal ini. It’s a matter of perspective. Dan nampaknya, dari perspektif medis Barat, acupuncture will always fall under the ‘therapy’-category. Saya sendiri kadang menyebutnya ‘terapi’, dan kadang ‘pengobatan’. Tergantung mood saja. hehe..

5 Responses

  1. mba perawatan akunpuntur buat menghilangkan kerutan di dahi apa bisa dan untuk pris bisa ?..kalo alamatnya di bandung dimana serta biayanya berapa..??

  2. Mbak Tyas, tulisan ini aku kutip untuk dimasukkan dalam blog aku ya….soalnya bagus untuk informasi kesehatan. Tentu aku menyebutkan sumbernya.

    Salam, Lely

  3. Mbak saya mau mencoba teknik akupuntur ini…,soalnya bagian pundak kiri saya sering mengalami sakit…..mohon bantuannya mbak,…..oya alamat teknik akupuntur ini dimana biar saya ke sana….soalnya saya tinggal di bandung selatan…..terima kasih…tolong di bals di email saya yak……..

    • Mas Bagus,

      Waduh, maaf nih saya nggak bisa ngasih rekomendasi klinik akupunktur tertentu, nanti nggak enak dengan yang lainnya. Di-google saja yah… Mudah-mudahan ketemu.

Comments are closed.

