Siapa saja yang bisa menjalani terapi akupunktur?

Akupunktur4Oleh karena tujuan utama dari terapi akupunktur adalah pengembalian keseimbangan energi di dalam tubuh, maka pada dasarnya siapapun bisa menjalani terapi ini, tidak tergantung pada usia, jenis kelamin, dsb.
Akan tetapi, karena sifat terapi akupunktur yang dilakukan dengan memanipulasi energi yang mengalir dalam tubuh, maka bisa-tidaknya dilakukan terapi akupunktur sangat dipengaruhi oleh keadaan energi tersebut dalam tubuh seseorang.

Beberapa keadaan dimana akupunktur tidak dapat dilakukan adalah:

  • Dalam keadaan terlalu lapar; dalam hal ini energi yang sedang bersirkulasi dalam tubuh sangatlah sedikit sehingga apabila dilakukan akupunktur maka dikhawatirkan pasien menjadi pingsan.
  • Dalam keadaan terlalu kenyang; dalam hal ini energi tubuh sedang terkonsentrasi pada proses pencernaan di perut sehingga jika akupunktur dilakukan maka bisa mengganggu proses pencernaan tersebut dan juga mengganggu metabolisme tubuh secara keseluruhan
  • Dalam keadaan terlalu capek; dalam hal ini sirkulasi energi tubuh sedang dalam keadaan yang tidak stabil dan manipulasi lebih lanjut akan kurang efektif
  • Dalam keadaan terlalu lemah; dalam hal ini ketersediaan energi tubuh sangat minim sehingga tidak mencukupi untuk dimanipulasi dengan akupunktur.

Biasanya, akupunkturis Anda akan melakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui apakah akupunktur bisa dilakukan ataukah tidak. Namun demikian, tidak ada salahnya jika kita selalu berjaga-jaga. Sebelum Anda berkunjung ke akupunkturis Anda, maka pastikan bahwa Anda sedang tidak terlalu lapar, tidak terlalu kenyang, tidak dalam keadaan terlalu lemah, dan apabila capek dari berkendaraan maka istirahatlah dulu selama beberapa menit lamanya. Selamat ber-akupunktur-ria.

7 Responses

  1. Mbak Tyas,
    selamat ya, saya suka sekali blog nya. Betul2 membantu men sosialisasi kan acupuncture pada masyarakat umum.

    Apakah penderita HNP lumbalis (syaraf terjepit di tulang belakang karena kerusakan/penonjolan bantalan) bisa mendapatkan manfaat dari terapi acupuncture?

    Kalau iya, apakah bisa dijelaskan bagaimana mekanisme nya?
    Terimakasih, sekali lagi bravo untuk blog nya.
    Salam,

  2. Dear Mbak Tias…
    Mbak akupuntur untuk membantu kehamilan bisa ga ya ?
    saya sudah menikah 7 thn blm dikarunia keturunan. sepertinya kondisi hormon saya tidak stabil sehingga tidak terjadi ovulasi, dites kesuburan hasil negatif. apakah akupunktur dapat membantu menstabilkan hormon saya ? Trims

  3. Dear Mbak Tyas,

    Apa akupuntur bisa membantu penderita insomnia??
    Thx in advance.

    Best Regards,

    Ane

    • Wah, bisa banget. Beberapa penyebab insomnia diantaranya adalah: adanya gangguan aliran chi ke daerah kepala, kurangnya aliran darah ke kepala, atau ada beban pikiran yang menyebabkan otak terus aktif dan tidak bisa dibawa tidur. Ada yang pernah datang ke saya setelah tiga hari berturut-turut tidak bisa tidur, dan malam hari setelah diakupunktur langsung bisa tidur nyenyak (dan bahkan pas sedang ditusuk pun dia jatuh tertidur). He..he..
      Dicoba aja yah… mudah-mudahan berhasil.

      Salam,

  4. Hai.. salam juga.. lama tak sua.. hehe
    Anak umur <1th boleh terapi akupunktur, asal jumlah jarumnya jgn terlalu banyak. Biasanya kendala yang dihadapi ketika melakukan terapi akupunktur pada anak adalah tubuh anak yang terus bergerak, padahal kalau diakupunktur sebaiknya tubuh tetap diam dan rileks. Jadi, kalau tidak kepepet banget, tidak usah diakupunktur, dipijit saja.

  5. Salam to mbak Tyas,trims ya nanti aku baca artikelnya. Bener mas Truly : ternyata ada jagoan akupunktur dr turen. Dl jman 1 mbl jemputan blm kliatan bakal jd jagoan hehe….
    Apakah anak umur <1th aman terapi akupunktur? Trims n salam sehat slalu

Comments are closed.

%d bloggers like this: