Akut vs Kronis?

Akupunktur5Ketika tengah menyampaikan kondisi penyakitnya, cukup sering saya jumpai orang menggunakan kata ”akut” atau ”kronis” sekedar untuk menekankan tingkat keparahan penyakit yang sedang dideritanya, tanpa sepenuhnya memahami makna dibalik kata akut atau kronis tersebut.

Di dunia medis, istilah akut dan kronis memiliki pengertian yang berbeda dan hal ini berdampak pada pemilihan metode pengobatan/terapi yang berbeda pula.
Istilah “akut” merujuk pada suatu kondisi dimana penyakit menyerang secara tiba-tiba dan mendadak. Flu yang baru berlangsung beberapa jam atau sehari dua hari merupakan salah satu contohnya. Migrain yang terjadi tiba-tiba dan tidak pernah dialami sebelumnya juga termasuk ke dalam golongan ”akut”.

Istilah ”kronis” dipakai untuk merujuk pada suatu kondisi dimana penyakit tersebut telah bersarang di tubuh seseorang dalam waktu yang cukup lama. Biasanya penyakit seperti ini adalah suatu penyakit yang telah menyerang sistem/organ tubuh. Kanker, vertigo yang terjadi berulang kali, hipertensi, adanya kista di rahim, dan diabetes yang telah diderita dalam waktu lama adalah beberapa contohnya.

Jadi, ”akut” maupun ”kronis” tidak terlalu ada relevansinya dengan tingkat keparahan suatu penyakit tetapi berkaitan dengan waktu atau durasi dideritanya penyakit tersebut.

%d bloggers like this: