Berapa lamanya satu sesi terapi akupunktur?

Cukup banyak orang yang dibingungkan oleh beragamnya durasi pelaksanaan satu sesi terapi akupunktur yang dipraktekkan oleh praktisi-praktisi akupunktur. Ada akupunkturis yang melakukannya dalam waktu 15 menit, ada yang 30 menit, dan ada juga yang sampai sekitar 1 jam. Karena tidak tahu, cukup banyak pasien yang lantas beranggapan bahwa makin lama durasi suatu sesi terapi, maka makin bagus. Apalagi jika biaya terapinya sama. Daripada terapi yang cuma 15 menit, mendingan yang 1 jam saja. Anggap saja bonus. Enak kan? Anggapan ini adalah anggapan yang kurang tepat. Efektifitas suatu terapi akupunktur tidak berhubungan linear dengan durasi suatu sesi akupunktur, dan yang lebih penting lagi juga tidak semata ditentukan oleh durasi tersebut. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi efektifitas suatu terapi akupunktur.

Lama suatu sesi akupunktur biasanya disesuaikan dengan kebutuhan terapinya. Hal ini tentu saja disimpulkan dari hasil diagnosis yang diperoleh berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya. Sebagai gambaran kasar, jika tubuh Anda memerlukan terapi yang bersifat penguatan (tonifikasi), maka sebenarnya lama terapi yang antara 5 – 10 menit saja sudah cukup. Jika dilakukan lebih lama lagi, maka efek penguatan yang diinginkan justru tidak akan terjadi. Bahkan ada juga yang sifatnya quick insertion, jarum ditusukkan dan langsung dicabut kembali.

Namun, jika tubuh Anda memerlukan terapi yang bersifat pelemahan (sedasi), maka lama terapi yang diperlukan adalah sekitar 15 menit. Jika kurang, maka efek pelemahan yang diinginkan juga tidak akan tercapai. Biasanya, pada pasien-pasien yang memerlukan terapi pelemahan, karena terapi tersebut mendatangkan rasa rileks yang luar biasa, maka pasien bisa sampai jatuh tertidur lelap. Inilah yang sebenarnya merupakan alasan mengapa ada praktisi yang sesi terapi akupunkturnya sampai 1 jam, karena mereka berbaik hati untuk membiarkan pasiennya menikmati efek rileksasi tersebut. Namun, andaikan akupuntur dilakukan selama 15 menit, hal itu pun tidak akan mengurangi efektifitas terapinya.

Jadi, lama atau sebentarnya suatu terapi akupunktur memiliki tujuan masing-masing.

%d bloggers like this: