Prinsip Universal dalam TCM – Yin Yang (bagian 3)

Selain prinsip Lima Unsur, prinsip universal lainnya yang menjadi dasar dalam TCM adalah prinsip Yin-Yang. Teori Yin dan Yang juga lahir dari pengamatan terhadap fenomena alam semesta. Awalnya, istilah Yin digunakan untuk menyebut bagian yang gelap pada sisi pegunungan, sedangkan Yang digunakan untuk merujuk pada bagian yang terang. Lambat laun, pemikiran ini juga diterapkan untuk memahami berbagai kejadian lain yang sifatnya berpasangan dan saling melengkapi, namun juga saling berlawanan.

Beberapa contoh fenomena di alam semesta yang sifatnya berpasangan, saling melengkapi, namun juga saling berlawanan adalah: langit dan bumi, siang dan malam, air dan api, aktif dan pasif, pria dan wanita, dan lain-lain. Semua benda atau hal pasti memiliki kedua sisi ini, Yin dan Yang.

Pada umumnya, Yang dikaitkan dengan hal-hal yang energetik, seperti misalnya: pergerakan, arah ke luar dan ke atas, panas, terang, stimulasi, aktivitas, dan juga eksitasi. Sedangkan Yin dikaitkan dengan hal-hal yang kurang energetik, seperti misalnya: diam, arah ke dalam dan ke bawah, dingin, dan juga gelap. Oleh karena itulah seringkali Yin disimbolkan dengan air yang memiliki sifat-sifat dingin, bergerak ke bawah dan juga redup. Sedangkan Yang disimbolkan dengan api yang memiliki sifat-sifat panas, bergerak ke atas, dan terang.

3 Responses

  1. wah terusannya mana mba, saya lagi belajar akptr ni, ma kasih ya infonya menarik banget

    • Iya nih, ma’af yah… lagi nggak mood nulis-nulis. Entah kapan bakalan mood. Let’s wait and see aja lah.🙂

Comments are closed.

%d bloggers like this: