Makanan dan minuman dingin tak bagus untuk kesehatan

Sebenarnya, tak hanya makanan dan minuman dingin yang tak bagus untuk kesehatan. Makanan dan minuman yang terlalu panas pun tak bagus untuk kesehatan. Namun untungnya, untuk makanan atau minuman panas, tanpa diberikan penjelasan apa pun sudah pasti kita tak akan mengkonsumsinya, jadi tak perlu ada warning khusus untuk hal ini. Sensor alami kita sudah langsung jalan sehingga tidak nekat untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas. (he..he..)

Berbeda kasusnya untuk makanan dan minuman dingin. Sangat sering kita mengambil makanan/minuman dari kulkas dan langsung mengkonsumsinya, tanpa terlebih dahulu membiarkan makanan/minuman tersebut untuk sedikit menghangat. Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang panas tentu sudah tak asing lagi dengan fenomena ini kan? Padahal, makanan dan minuman yang terlalu dingin bisa mengganggu kesehatan kita. Pengen tahu kenapa? Yuk kita simak bersama.

Suhu normal tubuh manusia adalah 36.8 °C ±0.7 °C (dengan pengukuran oral). Suhu tubuh tersebut merupakan kondisi yang diperlukan agar seluruh organ tubuh dapat berfungsi secara normal dan optimal. Jadi, sepanjang hari selama 24 jam, organ-organ tubuh kita terus berusaha menjaga suhu tubuh agar tetap berada pada kisaran temperatur ini. Tubuh akan terus-menerus melakukan adjustment agar tidak menjadi terlalu panas atau pun terlalu dingin (biasanya disebut dengan istilah thermoregulation). Menyadari hal ini, penting bagi kita untuk turut membantu proses tersebut sehingga tubuh tidak terlalu terbebani oleh tugas yang satu ini. Tubuh akan bekerja ekstra berat jika terpapar oleh dingin yang berlebihan yang dibawa oleh makanan/minuman dingin. Selain itu, jika Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang dingin, maka makanan/minuman tersebut tidak dapat segera diproses oleh tubuh karena makanan/minuman tersebut harus dihangatkan dulu agar temperaturnya sesuai dengan temperatur organ-organ pencernaan.

Dari sudut pandang akupunktur dikatakan bahwa ‘dingin’ akan mengakibatkan mengkerutnya jalur-jalur energi dalam tubuh yang disebut dengan meridian (more about this later). Jika meridian mengkerut, maka fungsinya untuk transportasi energi pun menjadi terhambat. Dingin juga akan mengkerutkan organ tubuh sehingga akan mengganggu fungsionalitasnya.

Boleh-boleh saja sesekali makan atau minum yang dingin-dingin, tapi jangan berlebihan, dan usahakan agar dinginnya tidak terlalu ekstrem. Agak dingin, tapi tidak terlalu dingin. Dikira-kira sendiri aja lah ya, pasti bisa kok…

%d bloggers like this: